TIM JIBOM SATBRIMOBDA DIY ADAKAN DISPOSAL BARANG BUKTI BOM MILITER SISA PERANG DUNIA II - brimobdiy.com
DETAIL BERITA 28 November 2015 03:11 WIB,   Jurnalis: admin,   Dibaca : 699kali

TIM JIBOM SATBRIMOBDA DIY ADAKAN DISPOSAL BARANG BUKTI BOM MILITER SISA PERANG DUNIA II

Share :
  Foto : gambar rangkaian kegiatan  

Wonosari,--Tim Jibom Gegana Brimob Polda DIY, kembali memusnahkan ratusan bahan peledak di kawasan Perbukitan Kemukus  Pulegundes  Sariharjo  Tepus  Gunung Kidul. Bahan peledak yang dimusnahkan tersebut terdiri dari terdiri dari 2 mortir, 7 Granat,2 Bom Pesawat, 5 Amunisi Tank dan 328 Proyektil/Bullet. Seluruh bahan peledak tersebut merupakan kumpulan dari temuan masyarakat yang diserahkan ke polisi mulai awal tahun 2014. Latar belakang dilaksanakan disposal karena Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda Daerah Istimewa Yogyakarta dalam rangka penyelenggaraan Fungsi Pre-emtif Kepolisian akan melaksanakan kegiatan Disposal Barang Bukti Bom Temuan / Bom Militer sisa Perang Dunia II yang kondisinya sudah tidak standar lagi karena termakan usia dan akibat dari korosi.Barang tersebut dianggap berbahaya bisa meledak sewaktu waktu, tempat gudang penyimpanan yang ada di mako Gegana Satbrimobda DIY juga kurang memenuhi setandart dan juga dapat bereaksi sewaktu waktu yang diakibatkan oleh cuaca yang dapat membahayakan lingkungan sekitar gudang penyimpanan handak tersebut.

           

            Kegiatan disposal di pimpin oleh Kasubden Gegana Akp Suripto. Berangkat tanggal 7 September  2015 pukul 20.00 wib. Sebelum pemberangkatan dilaksanakan pengecekan perlengkapan alat dan personil di pimpin oleh IPDA Trijaka dan Aiptu Adil Musrifin.Selama perjalanan kelokasi diposal setiap 10 km dilaksanakan pengecekan handak yang akan di disposal agar dapat dipastikan dalam keadaan aman.

Selasa, 8 September 2015 pukul 8.00 wib anggota mulai mepersiapkan alat-alat yang di butuhkan juga mendirikan tenda untuk dijadikan posko selama disposal. Pukul 12.00 diadakan Doa bersama bersama warga sekitar, setelah istirahat siang  diposal pertama dimulai. Pendisposalan dimulai dengan meletakan handak di lubang sedalam 1,2 meter yang telah disiapkan kemudian pasakan dengan detonator yang disambungkan dengan kabel sejauh 500 meter. Lokasi disposal juga seteril dari masyarakat umum dan dipasang garis polisi radius 800 meter. 

Kasat Brimobda DIY Komisaris Besar Polisi Ajuk Wibowo Sik beserta Kaden Gegana AKBP Maryono juga tiba dilokasi disposal untuk mengecek kegiatan disposal tersebut.Kegiatan disposal tersebut selesai pada hari Jumat tanggal 11 september 2015.


Berita Terkait

Berita Lain


Komentar Berita

Kembali ke atas

Satuan Brimob Polda DIY - brimobdiy.com
Jl. Kompol B.Suprapto No 15 Baciro 55225 DI.Yogyakarta, Indonesia | Telp : 0274 541672 | Email : brimobdiy@gmail.com - www.brimobdiy.com
Copyright © 2015 .Hak cipta dilindungi undang-undang.